DESIGN IDEASONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGEWHAT’S NEW

Wujud Finishing Produk Printing Setelah Produksi Cetak

Wujud finishing produk printing dapat beraneka ragam. Meski begitu, tujuannya tentu saja tetap supaya tampilan produk yang dihasilkan tambah lebih baik.

Wujud finishing produk printing akan terlihat setelah melewati proses produksi. Nah, setelah melaluinya, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah finishing. Tujuan finishing adalah supaya produk lebih layak dan sempurna untuk digunakan. Proses finishing yang baik sangat berpengaruh terhadap hasil akhir yang berkualitas.

Wujud finishing produk printing berupa undangan
Sampel Undangan dengan Lapisan TUF di Onlineprint.co.id

Wujud Finishing Pada Produk Printing

Apa saja wujud finishing produk printing? Berikut di antaranya:

1. Wujud Finishing Produk Printing Berupa Lembaran

Finishing dalam bentuk lembaran dapat dibedakan atas 2 jenis, yaitu penambahan lapisan atau tekstur dan perubahan bentuk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah lapisan pada produk, antara lain laminating, UV coating, dan hot stamp/foil.

Laminating dapat dibedakan atas 2 jenis, yaitu standard dan fancy. Untuk standard, ada pilihan doft dan gloss. Sementara itu, untuk fancy, ada pilihan rough touch dan soft touch.

UV coating pun terbagi atas beberapa 2 jenis, yaitu standard dan fancy. Standard dapat berbentuk spot UV dan UV varnish. Jenis fancy dengan texture UV finish (TUF) mencapai ketebalan hingga 250 micro. Berdasarkan teksturnya terbagi dua, yaitu grainy texture dan high gloss. Untuk penambahan lapisan dengan hot stamps/foil, jenisnya juga beragam.

Finishing berupa perubahan bentuk dibedakan atas 4 jenis, yaitu potong standard, creasing/rel, die cut, dan digital cut. Creasing adalah proses melipat dan menempel dari bentuk 2D hingga 3D, misalnya kemasan (packaging). Proses die cut adalah membuat pola bentuk pada media cetak. Caranya dengan menggunakan pisau pond. Proses ini biasa dilakukan pada amplop atau kemasan.

Proses terakhir adalah digital cut. Ini adalah proses membuat pola pada media cetak tanpa menggunakan pisau pond. Namun, perubahan bentuk dilakukan dengan laser cut dan XY flatbed cutter. Hasilnya antara lain cutting sticker mobil.

2. Penjilidan

Bentuk finishing selanjutnya adalah penjilidan. Biasanya, hal ini dilakukan pada produk berupa buku. Ada beberapa jenis jilid buku yang umum dilakukan, yaitu booklet/saddle stitch. Ini adalah metode penjilidan pada kertas lembaran yang dicetak pada dua sisi. Kertas disusun dengan urutan nomor halaman, kemudian dilipat dua, dan dijepit dengan staples dari kawat tipis.

Ada pula jilid soft cover yang umum dilakukan pada buku. Ini adalah jenis sampul yang tipis dan dapat dilengkungkan dengan mudah. Soft cover berbeda dengan jilid hard cover yang menggunakan tambahan pelapis sehingga tampak kaku. Masih ada beberapa jenis penjilidan lainnya, seperti jilid spiral, japanese binding, coptic binding, tape binding, dan sebagainya.

Baca Juga: Digital Printing Adalah Solusi Hasil Cetak Cepat & Terbaik

3. Wujud Finishing Produk Printing Berupa Large Format

Finishing selanjutnya adalah dalam bentuk large format. Ada beberapa bentuk yang bisa dicoba, yaitu seaming (lipat/sambung), pole pocket (selongsong), mata ayam (grommet), dan cold lamination (laminating dingin), dan cutting sticker.

4. Rigid Media

Selanjutnya, ada bentuk finishing untuk media dengan tekstur keras, yaitu routing (CNC) dengan mesin CNC, POP, human/character standee finishing, dan knife cut.

Wujud finishing produk printing berupa buku
Buku dengan lapisan TUF di Onlineprint.co.id

Layanan Finishing PT Bintang Sempurna

Untuk melakukan finishing pada produk, kamu bisa memilih PT Bintang Sempurna. Perusahaan yang fokus pada layanan printing dan layanan dokumen ini telah beroperasi sejak 1989. PT Bintang Sempurna terus berkembang dan berinovasi serta menyediakan solusi dengan teknologi terkini.

Salah satu mesin untuk finishing produk printing
Scodix S Digital Press Series, mesin ideal untuk finishing produk printing

Ada beberapa kelebihan menggunakan layanan finishing PT Bintang Sempurna, antara lain jenis finishing yang lengkap, digital finishing yang prosesnya cepat dan tanpa minimum order quantity, serta konvensional finishing yang berkualitas baik dengan harga terjangkau. Layanan finishing di PT Bintang Sempurna tersedia selama 24 jam.

Baca Juga: Offset Printing, Teknik Mencetak dalam Skala Besar

Untuk mencoba layanan ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat. Apabila tidak sempat berkunjung, kamu dapat memesannya lewat Onlineprint.co.id. Just click and done!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *