DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDOUR STORIESPRINT KNOWLEDGEWHAT’S NEW

Annual Report: Arsip Penting Untuk Laporan Perusahaan

Annual Report diperlukan untuk dibuat setiap tahunnya oleh berbagai perusahaan, terutama perusahaan publik. Laporan ini menunjukkan kredibiltas perusahaan.

Annual report adalah sebuah dokumen dengan wujud laporan keuangan perusahaan yang dibagikan kepada shareholder seperti para pemegang saham, bursa saham, maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak-pihak berkepentingan lainnya.

Pada umumnya, laporan keuangan tahunan disampaikan kepada pihak OJK, para pemegang saham, para investor, serta stakeholders lainnya di tanggal yang sama. Annual report sebaiknya berisi informasi yang relevan kepada para investor dan pemegang saham.

Baca Juga: Offset Printing, Teknik Mencetak dalam Skala Besar

Jenis laporan yang satu ini memang bisa membantu kelancaran bisnis yang dijalankan perusahaan. Biasanya, dokumen ini dilampirkan secara berdampingan dengan sustainability report atau laporan keberlanjutan.

 

Annual Report Template
Template Annual Report di Onlineprint.co.id

Syarat-Syarat Untuk Menyusun Annual Report

Ketika ingin menyusun annual report, Sebaiknya Onliners harus memperhatikan beberapa poin penting, yakni:

  • Tujuan laporan tahunan dibuat untuk calon investor, analis keuangan, para pemegang saham, karyawan, pemerintah, serta media massa.
  • Laporan dicetak untuk menyampaikan informasi pada publik mengenai prestasi perusahaan.
  • Membuat ulasan yang disertai grafik, foto, serta desain yang lengkap, dan menarik.
  • Berisi kesimpulan tentang poin-poin penting untuk disampaikan ke publik.
  • Mengelompokkan laporan keuangan berdasarkan beberapa bagian seperti ringkasan keuangan, operasi perusahaan, surat kepada investor, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, hingga informasi tentang karyawan dan direksi perusahaan.
  • Selipkan komentar pimpinan perusahaan dengan tujuan menunjukan bahwa manajemen mempunyai komitmen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan.
Contoh Laporan Perusahaan
Contoh Annual Report di Onlineprint.co.id

Langkah-Langkah dalam Membuat Annual Report

Perlu diketahui, semua perusahaan yang terdaftar di pasar saham Indonesia punya kewajiban untuk membuat annual report setiap tahunnya. Meski begitu, tidak banyak perusahaan yang memahami langkah-langkah dalam membuat annual report yang tepat. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatannya:

1. Brainstorming

Pada umumnya, laporan semacam ini dibuat dengan satu tema besar yang mewakili pesan dari perusahaan tersebut. Dalam menentukan tema yang menarik dan tepat sasaran, tentu saja memerlukan proses brainstorming atau pertukaran ide.

2. Pengembangan Desain

Setelah proses brainstorming usai, langkah selanjutnya yakni pengembangan desain. Di awal, desainer akan memberikan alternatif desain yang kemudian akan dipilih oleh perusahaan. Desainer akan terus membuat revisi desain hingga menjadi sudah tepat bagi perusahaan.

3. Pengaturan Tampilan dan Typesetting

Apabila desain sudah sesuai, maka desainer akan meneruskan pada pengaturan tampilan dan typesetting. Dalam langkah ini, karakteristik perusahaan akan ditampilkan melalui elemen-elemen penting seperti bentuk huruf, tampilan data berupa angka dan gambar, tabel, maupun infografis.

4. Copywriting dan Penerjemahan

Membuat annual repot tidak melulu tentang desain, penulisannya juga harus diperhatikan. Perlu kamu tahu, Copywriting adalah seni untuk membuat laporan dan data menjadi sebuah bentuk tulisan menarik serta mudah dipahami.

5. Proof Reading

Langkah berikutnya berlanjut ke seputar proof reading. Pada umumnya, pemeriksaan pada isi konten dari annual report ini dilakukan beberapa pihak serta melibatkan pihak perusahaan agar tidak terjadi kekeliruan informasi sebelum naik cetak.

6. Produksi Pra-Cetak

Sebelum benar-benar naik cetak, harus dipastikan pula desain warna, ukuran, serta jumlah yang ingin dicetak oleh perusahaan. Pada awalnya, yang dicetak adalah dummy (hasil cetak) hingga sudah dianggap sesuai dan layak dicetak dalam skala besar sesuai kebutuhan.

7. Pencetakan Annual Report

Jika sudah tidak ada lagi revisi dari segi desain maupun penulisan, maka akan masuk ke dalam proses pencetakan. Proses cetaknya sendiri sebenarnya memerlukan waktu yang lumayan panjang karena dibuat dalam skala besar. Karena itu, ada baiknya pemesanan annual report ini tidak dibuat secara mendadak.

Namun, hal ini bisa disiasati dengan mencetak jumlah dalam moda print digital (on demand). Lalu sisanya dibuat dalam kuantitas besar yang dicetak menggunakan teknologi offset printing.

8. Quality Control

Seusai proses cetak, langkah selanjutnya adalah melakukan quality control atau penjaminan mutu cetak. Setiap hasil cetak harus sudah dipastikan sesuai dengan kualitas dummy/print proof sesuai kesepakatan.

9. Pendistribusian Annual Report

Setelah semua langkah tersebut dikerjakan, berikutnya harus melakukan proses pendistribusiannya kepada pihak-pihak yang ingin diberikan oleh perusahaan.

Sampel Laporan Perusahaan
Sampel Annual Report di Onlineprint.co.id

Maksud dari Pembuatan Annual Report

Sebagai informasi, pembuatan annual report untuk perusahaan ini punya beberapa maksud, yaitu:

1. Menginformasikan Prestasi Perusahaan

Pada dasarnya, maksud dari pembuatannya adalah merangkum prestasi perusahaan selama satu tahun terakhir. Semua prestasi dari perusahaan, termasuk dalam hal finansial juga harus ikut tercatat.

Sebagai contoh, kemajuan penelitian, keuntungan pangsa pasar atau penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atau karyawan. Bagian dari pencapaian perusahaan ini juga dilengkapi informasi tentang hal-hal seperti peningkatan penjualan atau pengadaan mesin baru yang menunjang profitabilitas dan produktivitas perusahaan.

Maksudnya di sini untuk membuat shareholders dan investor merasa senang dengan partisipasi mereka di perusahaan Onliners.

2. Membagikan Informasi Keuangan

Pada dasarnya, laporan tahunan membagikan informasi tentang tahun fiskal perusahaan. Informasi keuangan yang disediakan biasanya berwujud laporan tahunan membantu menentukan status bisnis saat ini, bagaimana perusahaan mendanai operasi dan pertumbuhan, serta seberapa baik perusahaan ditempatkan dalam menghasilkan uang bagi para investor-nya.

Selain itu, informasi keuangan dari annual report perusahaan akan membantu pembaca untuk menentukan apa yang dimiliki perusahaan, bagaimana perusahaan mendanai operasional dan pertumbuhan, serta seberapa baik perusahaan dalam menghasilkan uang bagi investor.

3. Memberikan Pemaparan Pencapaian Perusahaan

Maksud dari pembuatan annual report berikutnya ialah merangkum pencapaian perusahaan selama satu tahun terakhir. Tidak hanya pencapaian keuangan, prestasi perusahaan lainnya juga harus ikut tercatat.

Sebagai contoh, yaitu kemajuan penelitian, keuntungan pangsa pasar atau penghargaan yang diberikan kepada perusahaan maupun karyawan. Bagian dari pencapaian perusahaan ini juga dilengkapi informasi tentang hal-hal seperti peningkatan penjualan atau pengadaan mesin baru yang menunjang profitabilitas dan produktivitas perusahaan.

Maksudnya untuk membuat shareholders dan investor merasa senang dengan partisipasi mereka di perusahaan Onliners.

4. Mempromosikan Perusahaan Onliners

Terakhir, pembuatan annual report untuk perusahaan juga punya maksud sebagai alat pemasaran yang cukup efektif. Penggunaan tema tertentu, seperti tonggak sejarah atau fokus pada peningkatan kehidupan teknologi, dan lain sebagainya.

Misalnya, diisi tentang kisah-kisah positif dari karyawan dan pelanggan atau momen-momen penting dalam sejarah perusahaan Onliners yang diselingi sepanjang laporan dapat meningkatkan jumlah pembaca laporan dan menarik bagi investor baru. Desain dan tata letak teknik yang modern merupakan pertimbangan penting ketika menggunakan laporan perusahaan ini sebagai alat pemasaran.

Annual Report 2021
Jasa Pembuatan Annual Report Tahun 2021 di Onlineprint.co.id

Jasa Pembuatan Annual Report di PT Bintang Sempurna

Dalam mencetak annual report terbaik, Onliners dapat mengkonsultasikannya kepada PT Bintang Sempurna. Perusahaan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 1989 ini berlokasi di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia.

Sebagai informasi, untuk membuat laporan semacam ini, terdapat beberapa macam kertas yang bisa dipakai. Namun, disarankan menggunakan commercial paper seperti art paper, matte paper, ataupun HVS. Sedangkan untuk material cover, ada beberapa pilihan seperti art carton maupun art paper dengan opsi laminasi doft maupun gloss 1 sisi.

Pada umumnya, annual report berukuran A4 dan dapat dijilid soft cover maupun hard cover. Karena dicetak dalam skala besar, annual report bisa dibuat dalam metode offset printing.

Baca Juga: Digital Printing Adalah Solusi Hasil Cetak Cepat & Terbaik

Untuk menangani pencetakan annual report dengan metode offset printing, PT Bintang Sempurna memakai mesin Komori H-UV GL37. Adapun, mesin Komori H-UV GL37 bisa mencetak (tinta CYMK) hingga 16.000 halaman A1+ per jam (area print = 62 x 93 cm).

Sebagai informasi, mesin offset Komori H-UV GL37 ini juga punya lampu UV yang berfungsi mengeringkan tinta dan mampu menggunakan tinta UV maupun konvensional sehingga dapat digunakan untuk media kertas ataupun media sintetis. Mesin Komori H-UV GL37 ini dapat mencetak ukuran kertas A1/A2 dalam kuantitas besar.

Selain Komori, PT Bintang Sempurna juga punya mesin Heidelberg SM52-4. Mesin ini diketahui memiliki kecepatan cetak 4 warna hingga 15.000 lembar per jam (maksimal ukuran lembaran – 52 x 37 cm/ maksimal ukuran print = 52 x 36 cm). Perlu diketahui, terdapat 4 ink stations di mesin Heidelberg SM52-4 yang bisa menampung tinta konvensional dan ada sistem pengeringan tinta tersendiri.

Nah, jika Onliners tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat, bisa juga memesannya lewat Onlineprint.co.id. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *