INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGEWHAT’S NEW

Greeting Card, Ideal untuk Sanak Keluarga dan Pasangan

Greeting card ini seringkali dikirimkan kepada anggota keluarga serta pasangan. Kartu ucapan ini umumnya dikirimkan jelang hari raya seperti Imlek, Lebaran, dan Tahun Baru.

Greeting Card adalah selembar kartu yang dicetak dalam berbagai macam ukuran. Kartu ini berisikan gambar atau tulisan. Kartu ini biasanya dilipat dua dengan bagian dalam yang diisi ucapan selamat atau pesan untuk sang penerima.

Saat Onliners ingin memberikan ucapan dengan media berupa kartu yang didesain dengan baik. Onliners dapat mencantumkan nama orang yang ingin dituju di satu sisi sehingga akan memberikan kesan istimewa bagi si penerima.

 

Pada umumnya, kartu ucapan dikirimkan atau diberikan pada momen-momen khusus, seperti hari ulang tahun, pernikahan, lebaran, ataupun natal. Kartu ucapan biasanya juga dipakai untuk menulis pesan bernada humor, persahabatan, cinta, simpati, atau sekadar mengucapkan terima kasih. Apalagi, jika mengirimkan karangan bunga, parsel, ataupun kado yang sering disertai selembar kartu ucapan.

Urutan Umum dari Greeting Card

Greeting Card Valentine
Sampel Greeting Card Valentine Buatan Onlineprint.co.id

Dalam membuat kartu ucapan, ada hal-hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah struktur. Struktur kartu ucapan sendiri sebenarnya terdiri dari:

1. Receiver (Penerima)

Receiver atau penerima adalah kepada siapa kartu ucapan ini ditujukan. Biasanya, receiver atau penerima ini ditulis di bagian paling atas kartu. Penulisan nama penerima biasanya diikuti oleh kata “To” ataupun “Dear”.

2. Body (Isi)

Body atau isi merupakan bagian inti. Di sini, pengirim dapat menyisipkan ucapan selamat, doa dan harapan, kutipan kata-kata mutiara (quote), atau pun gambar-gambar menarik berkaitan dengan tema greeting card.

3. Sender (Pengirim)

Sender merupakan pengirim kartu ucapan. Pada bagian ini, pengirim mencantumkan nama atau inisial mereka.

Kegunaan dari Mencetak Greeting Card

Sampel Greeting Card Imlek
Sampel Greeting Card Imlek Buatan Onlineprint.co.id

Walau sedikit tergantikan dengan format digital, kartu ucapan hingga sekarang tetap diminati oleh banyak orang. Banyak anak muda dari generasi milenial dan generasi Z kembali melirik kartu ucapan untuk diberikan ke sanak saudara hingga pasangan di momen-momen khusus. Pasalnya, kartu ucapan dianggap punya dampak emosional yang lebih kuat daripada sekadar berkirim pesan lewat media sosial.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari membuat greeting card:

1. Sarana Pengembangan Ide

Onliners bisa mengembangkan ide kreasi saat ingin membuat kartu ucapan yang diberikan pada kerabat. Secara tidak langsung, Onliners akan tergerak untuk memikirkan desain istimewa apa yang ingin ditempatkan pada kartu ucapan tersebut. Onliners bisa memikirkan warna, image, ataupun hal-hal lainnya yang akan membuat kartu ucapan menjadi lebih istimewa.

2. Menjadi Media Promosi

Saat ingin membagikan kartu ucapan pada momen khusus seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan Imlek tidak hanya dapat diberikan pada kerabat. Onliners juga bisa memberikannya kepada rekan bisnis. Karena itu, kartu ucapan bisa menjadi media efektif untuk promosi branding bisnis yang Onliners jalankan.

Dengan memberikan greeting card pada rekan bisnis Onliners, ini bisa menjadi awal untuk menciptakan koneksi. Selain itu, kartu ini juga bisa memberikan awareness kepada banyak orang akan branding produk bisnis Onliners.

3. Menghadirkan Kesan Istimewa Kepada Kerabat yang Diberikan

Ketika Onliners memberikan ucapan dengan media berupa kartu yang memiliki desain baik dan mencantumkan nama penerimanya akan memberikan kesan istimewa. Saat seseorang menerima greeting card, tentu ia akan merasa lebih spesial karena bukan sekadar mendapatkan kata-kata saja pada momen istimewa, namun kartu itu bisa disimpan dan dikenang selamanya.

4. Menjadi Media Komunikasi yang Lebih Baik

Manfaat lainnya yang bisa didapat dengan memberikan kartu ucapan adalah menjadi media komunikasi yang lebih baik, yakni mengutarakan hal-hal sulit diucapkan secara lisan. Onliners dapat mengutarakan apa yang terpikirkan untuk direpresentasikan lewat kartu ucapan.

Jasa Pembuatan Greeting Card di PT Bintang Sempurna

Contoh Greeting Card Valentine
Contoh Greeting Card Valentine Buatan Onlineprint.co.id

Dalam meningkatkan kualitas greeting card, ada rumus yang bisa dilakukan oleh Onliners. Ada 4 rumus yang perlu Onliners lakukan yakni pemilihan media, personalisasi, tinta, dan bentuk. Dari segi media, untuk membuat kartu ucapan, kamu bisa memakai tipe fleksibel ataupun rigid.

Beberapa contoh media fleksibel yang bisa Onliners gunakan seperti art paper dan fancy paper. Sedangkan contoh media rigid yang dapat Onliners aplikasikan seperti lenticular, kulit, maupun medium density fibreboard (MDF).

Baca Juga: Wall Art, Solusi Terbaik untuk Elemen Dekoratif Ruangan 

Dari segi personalisasi, pembuatan kartu ucapan ini dapat dikombinasikan dengan data driven campaign yang berguna untuk menyasar target audience secara spesifik, misalnya berdasarkan gender, hobby, usia, dan lainnya. Untuk tinta, dalam membuat greeting card, Onliners bisa memilih berbagai macam jenis, mulai dari tinta CYMK standar, fluorescent, maupun special ink lainnya.

Perlu Onliners tahu, pembuatan kartu ucapan ini di PT Bintang Sempurna bisa menggunakan metode digital printing (POD A3+), offset printing, maupun UV Flatbed Print. Jika ingin membuat kartu ucapan dengan desain yang bisa dipersonalisasi dengan banyak desain, Onliners bisa memilih metode digital printing (POD A3+).

Sedangkan jika Onliners ingin mencetak kartu ucapan dalam skala besar, dapat menggunakan metode offset printing. Adapun, metode UV Flatbed Print ideal diaplikasikan apabila Onliners ingin membuat greeting card dari media rigid seperti lenticular, kulit, maupun medium density fibreboard (MDF).

Perlu diketahui, proses quotation untuk mencetak greeting card di PT Bintang Sempurna berlangsung selama 3-5 hari. Apabila Onliners tidak sempat menyambangi lokasi PT Bintang Sempurna, dapat memesannya melalui Onlineprint.co.id. Nah, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *