MARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDOUR STORIESPRINT KNOWLEDGEWHAT’S NEW

Offset Printing, Teknik Mencetak dalam Skala Besar

Offset Printing merupakan metode paling ideal ketika ingin mencetak dalam jumlah besar.. Teknik ini berbeda dengan digital printing.

Offset printing adalah teknik mencetak yang paling umum digunakan saat ini. Tidak seperti digital printing, offset printing membutuhkan proses yang cukup panjang untuk menghasilkan cetakan. Ada beberapa prosedur yang harus dilewati.

Selain itu, dibutuhkan elemen pendukung berupa plat dan lembaran karet agar image bisa dicetak ke permukaan media. Teknik ini dikombinasikan dengan proses litografi serta keunikan sifat air dan minyak yang tidak bercampur.

Siapa Saja yang Membutuhkan Offset Printing

Custom Map dengan proses Offset Printing.
Custom Map produksi Onlineprint.co.id

Sejarah percetakan dimulai dengan penemuan mesin pencetak oleh Johann Gutenberg pada 1440-an. Kehadiran mesin tersebut membuat bangsa Eropa keluar dari “masa kegelapan” karena bahan bacaan lebih mudah tersedia. Sebelumnya, buku merupakan benda yang mahal karena proses membuatnya sangat sulit.

Perkembangan teknologi membuat mesin percetakan terus mengalami inovasi. Meskipun demikian, mesin cetak konvensional seperti Heidelberg SM52-4 dan Komori H-UV GL37 masih digunakan hingga sekarang. Dengan kecepatan cetak CMYK hingga 15.000 lembar per jam, produktivitas pekerjaan semakin optimal.

Baca Juga: Digital Printing Adalah Solusi Hasil Cetak Cepat & Terbaik

Metode mencetak dengan offset print adalah dengan mentransfer image bertinta dari plat ke lembaran karet. Selanjutnya, lembaran karet ini ditempelkan ke permukaan media yang akan dicetak. Dengan pemuat citra yang rata, image mengambil tinta dari ink rollers. Sementara itu, area yang tidak dicetak akan menarik air sehingga terbebas dari tinta.

Teknik cetak offset hingga saat ini masih diterapkan untuk beberapa kebutuhan percetakan. Salah satunya untuk mencetak media iklan komersial. Jenis media iklan dalam bentuk cetak sangat beragam, mulai dari poster, brosur, flyer, leaflet, katalog, dan kartu nama. Selain itu, mesin offset printing juga dapat digunakan untuk mencetak stiker, kalender, folding carton, atau buku.

Kelebihannya

Ice Cream Cup Packaging dibuat lewat proses Offset Printing.
Ice Cream Cup Packaging di Onlineprint.co.id

Ada beberapa keunggulan menggunakan teknik cetak offset yang perlu Sobat Bintang ketahui. Berikut di antaranya:

  • Hasil cetak berkualitas baik

Offset print dapat menghasilkan produk cetak dengan gambar yang bersih dan tajam. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh ukuran dokumen desain yang digunakan. Jika resolusinya rendah, hasil cetakan pasti akan kurang bagus. Selain itu, dibutuhkan orang yang berpengalaman untuk menghasilkan cetakan berkualitas dan sesuai.

  • Kecepatan produksi cukup tinggi

Keunggulan offset print lainnya adalah dapat memproduksi hingga 15.000 halaman per jam. Kecepatan produksi ini cukup tinggi terutama jika ada order dalam skala besar. Semakin cepat proses yang diperlukan untuk memproduksi cetakan, semakin hemat biaya operasional yang harus dikeluarkan.

  • Ada opsi ukuran yang berbeda

Sobat Bintang bisa memilih ukuran mesin offset print dari 2 opsi yang tersedia sesuai kebutuhan, yaitu 52 x 35 cm dan 93 x 63 cm.

  • Dapat dicetak pada 3 jenis media

Fleksibilitas teknik offset printing pun terlihat dari jenis media untuk bahan dasar cetakan. Ada setidaknya 3 media yang umum digunakan, yaitu kertas, sintetis, dan 3D lenticular. Dengan demikian, lingkup bisnis percetakan yang mengandalkan offset printing menjadi semakin luas.

  • Harga lebih terjangkau

Karena diproduksi dalam skala besar, harga produk biasanya akan lebih terjangkau. Bagi Sobat Bintang yang ingin berhemat, menggunakan teknik offset printing untuk mencetak produk lebih disarankan.

Offset Printing Service di PT Bintang Sempurna

Komori H-UV GL37, mesin untuk Offset Printing
Komori H-UV GL37, mesin ideal untuk Offset Printing

Untuk menikmati layanan offset printing, Sobat Bintang bisa mengandalkan PT. Bintang Sempurna yang telah beroperasi hingga 30 tahun. Pengalaman dalam menyelesaikan orderan dari berbagai klien adalah nilai tambahnya. Terus melakukan inovasi untuk menambah kepuasan pelanggan, Bintang Sempurna menjadi layanan printing terbaik saat ini.

Lokasi kantor Bintang Sempurna adalah di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia. Ada sejumlah layanan yang bisa dipilih, mulai dari print on demand (POD), sign & display, outdoor printing, hingga finishing. Dengan menyediakan layanan profesional, hasil cetakan di Bintang Sempurna dijamin lebih memuaskan.

Oh ya, kamu juga bisa melakukan pemesanannya di Onlineprint.co.id untuk kemudahan berbagai kebutuhan cetak dalam format Offset Printing. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *