INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGE

Fancy Paper, Kertas Premium dengan Material Khas Cocok Buat Hasil Cetak High Class

Untuk membuat cetakan khusus, seperti undangan, poster atau cetak gambar yang tujuannya spesial, kita butuh kertas yang spesial juga. Salah satunya adalah dengan pakai kertas fancy (fancy paper). Kata ‘fancy’ sendiri artinya mewah, jadi kertas fancy adalah kertas yang punya tampilan mewah.

Nah, semewah apa fancy paper ini? Bagaimana karakteristiknya? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Fancy Paper?

Fancy paper adalah tipe kertas yang spesial dengan unit warna yang unik. Kenapa spesial? Sebab jenis kertas premium ini memiliki material yang khas. Begitu dicetak, hasil cetakannya terkesan elegan dan antimainstream. Dan karena tidak memiliki lapisan lilin (uncoated paper), tinta di kertas fancy akan lebih meresap. Hasilnya cetakan akan terlihat lebih lembut dan tidak mengkilap.

Baca Juga: 8 Jenis Kertas Populer untuk Kartu Ucapan, Pilih yang Mana Ya?

Kertas Fancy sendiri terdiri dari varian yang sangat beragam dan pada umumnya tersedia dalam harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kertas lain yang diproduksi secara massal.

Biasanya fancy paper digunakan untuk acara tertentu atau untuk tujuan tertentu. Misalnya acara spesial seperti undangan pernikahan, cetak poster premium, dan merchandise perusahaan yang diperuntukkan bagi klien atau pelanggan setia. Secara umum, hasil cetakan di atas fancy paper lebih berkualitas.

Karakteristik Fancy Paper

Karakteristik fancy paper sangat beragam, tergantung dari tipenya. Berikut ini beberapa jenis fancy paper, lengkap dengan karakteristiknya:

1. Constellation Snow

Jenis pertama ini adalah kertas tak berlapis (uncoated paper) yang hadir dengan efek tambahan embossed linen. Saat dipegang, ada tekstur khusus uang menjadi kelebihannya. Jenis kertas ini cocok untuk kemasan produk premium maupun brosur produk premium. Saat dipegang, akan terasa lebih mewah dan memberi pengalaman berbelanja yang berbeda pada pelanggan.

Constellation Snow adalah jenis kertas yang tidak banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dianggap sebagai material yang high-end. Biasanya digunakan oleh hotel atau perusahaan jasa lain yang berkualitas tinggi.

2. Lux

Karakter kertas Lux lebih terasa klasik, sangat cocok untuk produk klasik, misalnya brosur atau merchandise perusahaan jam tangan dan mobil. Ketebalan kertas Lux ultra tebal dan dilapisi hingga 2x. Biasanya cetakannya menggunakan teknik LED UV.

3. Silk

Kertas silk teksturnya sangat halus, sampai-sampai terasa seperti kain sutra. Kertas ini memang terbuat dari serat sutra yang cocok digunakan untuk brosur dan merchandise produk mewah. Hasil cetak di kertas silk sangat tajam, dengan lapisan jenis matte atau gloss. Karena berlapis, kertas silk tak mudah rusak dan hasil cetakannya lebih tahan lama.

Keunggulan Fancy Paper

Keunggulan utama fancy paper tentu dari tampilannya yang mewah. Dengan begitu, saat dilihat pun sudah berbeda kualitasnya. Biasanya, begitu dipegang juga teksturnya berbeda dan terasa lebih mewah. Memang harganya tinggi, tapi hasil akhirnya sangat sepadan.

Varian fancy paper juga sangat beragam, sehingga sebelum mencetak kita bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tak hanya itu, warna yang dihadirkan pun sangat beragam, tinggal pulih sesuai selera masing-masing.

Contoh Produk yang Menggunakan Fancy Paper

Fancy paper bisa digunakan untuk beberapa cetakan spesial. Di antaranya adalah:

  • Cetak Poster yang menampilkan produk premium, misalnya poster jam tangan mewah, poster mobil, perhiasan, venue mewah, dan masih banyak lagi. Disarankan untuk menampilkan foto produk dengan detail.
  • Cover buku notes spesial, bisa untuk kepentingan pribadi, suvenir, ataupun merchandise perusahaan.
  • Paper bag yang tampilannya premium, baik untuk toko ataupun merchandise perusahaan.
  • Undangan pernikahan dan undangan acara khusus lainnya dan masih banyak lagi lainnya.

Secara umum, fancy paper adalah kertas premium yang sangat cocok untuk keperluan cetak yang hasilnya ingin terlihat high class. Apakah itu untuk undangan, cetak poster, dan brosur. Bisa juga pakai kertas fancy untuk cetak kartu ucapan, kartu pos, dan banyak lagi lainnya.

Nah, biar hasil cetakannya berkualitas, pastikan kamu pilih percetakan yang sudah teruji. Bintang Sempurna misalnya, percetakan ini sudah beroperasi sejak tahun 1989, lebih dari 33 tahun yang lalu. Selain tersedia berbagai teknologi cetak, kamu juga bisa bermain berbagai warna dengan jaminan tinta terbaik.

So, datang langsung saja ke Benhil atau hubungi Customer Service di +62 821-6665-5000. Kalau malas datang langsung, bisa pula cetak online lewat Online Print di www.onlineprint.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *