INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Ukuran Spanduk, Fungsi, Bahan dan Keunggulannya

Spanduk, sebuah kata yang kayaknya enggak ada asing-asingnya sama sekali buat siapapun. Apalagi buat Onliners, pasti kenal banget dengan apa itu spanduk. Tapi masih banyak orang awam yang belum mengetahui perbedaan dari spanduk, banner, flayer, ataupun baliho. Kemungkinan besar hanya sedikit yang bisa menyebutkan perbedaanya.

 

Spanduk adalah media promosi yang berukuran besar dan cara memasangnya dibentangkan, biasanya dalam posisi memanjang. Di dalam spanduk berisi info tentang apa yang dipromosikan. Bisa juga menampilkan gambar untuk membuat tampilannya lebih menarik.

 

Meski termasuk media promosi yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala, tetapi spanduk punya pamor yang bagus. Spanduk terbukti efektif sebagai salah satu sarana promosi berbagai acara maupun usaha. Di tengah perkembangan era serba digital pun, spanduk tetap bisa dipilih Onliners untuk promosi.

 

Baca Juga: Mau Cetak Banner atau Spanduk? Kenali Dulu Perbedaannya

 

Ciri-ciri Spanduk

 

Untuk membedakan spanduk dengan media promosi, Onliners bisa lihat dari berbagai sisi. Apakah itu ukuran spanduk, bahan maupun pemasangannya. Biar lebih jelas, simak ulasannya satu-satu!

 

1. Ukuran Spanduk

 

Memang tidak ada kitab suci manapun yang menyebutkan ukuran spanduk harus segini atau segitu. Tetapi dalam dunia percetakan, ukuran spanduk standar yang paling kecil adalah 80 x 200 cm dan yang paling besar biasanya 150 x 300 cm. Meski ada juga yang minta dicetakkan spanduk dengan ukuran panjang sampai 5 meter.

 

2. Bahan Spanduk

 

Spanduk ada yang terbuat dari kain dan ada juga yang terbuat dari kertas jenis tertentu yang tebal. Berikut ini adalah beberapa bahan spanduk yang sering digunakan:

  • Kain polyester, merupakan campuran Polyethylene Terephathalate (PET), minyak bumi, dan bahan sejenis katun. Harganya ekonomis.
  • Kain TC, merupakan singkatan dari polyester cotton. Jenis bahan ini adalah yang paling sering digunakan karena sangat kompatibel dengan mesin digital printing outdoor. Hasil cetaknya jadi lebih baik dan tajam.
  • Albatros, bahan seperti kertas yang ringan, tipis, dan mengilat. Daya tahannya tidak terlalu kiat, cocok untuk pemasangan spanduk dalam waktu singkat.
  • Kertas flexy, teksturnya berserat dan harganya terjangkau. Jenisnya ada Flexy China, Flexy Korea dan Flexy Jerman.

 

3. Mesin Cetak yang Digunakan

 

Saat ini percetakan spanduk menggunakan mesin digital printing. Jenis mesin cetak spanduk berbeda dibandingkan digital printer biasa, karena merupakan digital printing outdoor. Karena spanduk dipasangnya di luar ruangan, jadi harus menggunakan mesin cetak ini supaya hasilnya lebih awet dan tahan lama, meski terpapar cuaca yang berganti-ganti, panas terik maupun hujan deras.

 

Baca Juga: Pilih Digital Printing Ramah Lingkungan, Jangan Sampai Keliru!

 

4. Lokasi Pemasangan

 

Agar bisa dilihat banyak orang, lokasi memasang spanduk jadi poin yang sangat penting. Karena ukurannya yang besar, biasanya spanduk dipasang di luar ruangan, utamanya dipilih tempat yang strategis. Misalnya di dekat lampu merah. Ada juga yang memasangnya di antara dua tiang listrik.

 

Lalu ada juga beberapa lokasi yang sengaja menyediakan tiang untuk memasang spanduk. Jadi di antara dua tiang tersebut bisa dipasang beberapa spanduk sekaligus. Cara lain untuk memasang spanduk adalah dipasang di dinding. Cara ini cukup aman karena tidak perlu memasang kaitannya di tiang listrik ataupun tiang lampu merah.

 

 

Keunggulan Spanduk

 

Pastinya ada sebabnya kenapa spanduk kerap digunakan sampai sekarang sebagai media promosi. Salah satu keunggulannya adalah ukuran spanduk yang besar. Jadi orang yang melihatnya bisa melihat semua info yang ditampilkan dengan jelas, meski dari jarak jauh sekalipun. Selain itu karena ukuran yang besar juga kita bisa memasukkan info yang cukup banyak di atas spanduk.

 

Keunggulan lainnya adalah spanduk terbuat dari bahan khusus yang lebih tahan lama terhadap segala cuaca. Jadi tak masalah meski terkena paparan sinar matahari di hari yang panas, maupun terkena air hujan yang deras. Bahannya juga tebal, jadi cukup aman meski terkena hembusan angin cukup kencang.

 

Sudah kenal kan apa itu spanduk? Kalau mau cetak jadi tidak salah-salah lagi deh. Ukuran spanduk itu besar, lebih besar dibanding banner, tetapi tak sebesar baliho. Biar makin jelas lagi sebenarnya kamu mau cetak spanduk, banner atau baliho, kamu serahkan saja pada ahlinya. Lagipula, tak perlu beranjak kemana-mana untuk cetak spanduk. Cukup kamu buka saja onlineprint.co.id. 

 

Baca juga: PT Bintang Sempurna Memenangkan HP Inkspiration Award 2021

 

Platform cetak online ini didukung oleh Bintang Sempurna, sebuah Perusahaan Cetak yang sudah legend dari 30 tahun yang lalu. Buat cetak spanduk, mereka punya teknologi digital print menggunakan mesin cetak Hp Indigo 7900 dan Hp Indigo 5900. Jadi mulai sekarang, cetak ukuran spanduk yang sesuai gak perlu ribet lagi deh. Tinggal #KlikLangsungPrint aja di Online Print!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *